Breaking News

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Bisa Dijajal di Rumah

Tutorialonline.my.id – 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Bisa Dijajal di Rumah. Cara menghilangkan jerawat secara alami dapat memanfaatkan beberapa bahan perawatan tubuh populer.

Selain tak boleh malas menjalani perawatan kulit, pemilik kulit berjerawat juga perlu memperhatikan gaya hidup sehat.

Berikut beberapa cara yang bisa dijajal di rumah dan saran dari dokter ahli dermatologi.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Bisa Dijajal di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi jerawat ringan secara alami yang mudah dilakukan di rumah, di antaranya:

  • Oleskan minyak tea tree

Dilansir dari Healthline, minyak tea tree berkhasiat untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan kulit.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak tea tree cukup mudah. Campurkan satu tetes minyak tea tree dengan satu sendok teh minyak transporter atau pengencer khusus.

Celupkan kapas ke dalam campuran minyak tersebut, lalu oleskan ke jerawat. Gunakan obat jerawat alami ini satu atau dua kali sehari.

  • Gunakan teh hijau

Kandungan antioksidan flavonoid dan tanin dalam teh hijau bermanfaat untuk membantu melawan peradangan dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) juga terbukti melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat P. acnes.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan teh hijau cukup mudah. Seduh teh hijau dengan air mendidih selama tiga menit, lalu oleskan atau semprotkan ke wajah ketika sudah dingin.

Biarkan selama 10 menit, baru bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, gunakan dua kali sehari.

Lembapkan wajah dengan gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya terbukti dapat membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Obat jerawat alami ini mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang yang membantu mengatasi permasalahan kulit.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya murni yang banyak tersedia di pasaran.

Atau, kerok gel dari daun lidah buaya dan oleskan ke bagian kulit berjerawat. Gunakan bahan alami ini satu atau dua kali sehari.

Tempelkan es batu

Dilansir dari Today, es batu dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami, terutama jenis jerawat yang meradang.

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu juga mudah. Anda tinggal membungkus es batu dengan handuk atau kain kecil. Lalu, tempelkan ke region kulit yang berjerawat.

Gunakan masker putih telur

Putih telur juga dapat digunakan sebagai obat jerawat alami. Cara menghilangkan jerawat dengan putih telur juga praktis.

Pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu oleskan gel putih telur ke bagian kulit yang berjerawat dan bekas jerawat.

Tunggu selama beberapa menit sampai masker ini kering dan kulit terasa kencang. Setelah itu, baru bilas sampai bersih.

Pakai masker madu

Madu selama ini diyakini memiliki kandungan antibakteri. Namun, untuk membantu menghilangkan jerawat, Anda dianjurkan menggunakan madu manuka atau madu medis lainnya.

Cara menghilangkan jerawat dengan madu yakni cukup mengoleskan bahan alami ini ke bagian wajah berjerawat. Tunggu selama beberapa saat, baru bilas wajah sampai bersih.

Gunakan cuka apel untuk toner

Cuka apel dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kandungan asam tinggi dalam cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati biang jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yakni encerkan satu sendok cuka apel dengan empat sendok air bersih. Usapkan campuran ini kulit yang sudah bersih sebagai pengganti toner.

Perlu diingat, pemakaian cuka apel perlu berhati-hati. Jangan digunakan apabila kondisi kulit sensitif.

Agar aman lebih, sebelum menggunakan obat jerawat alami ini, coba dulu di bagian dalam lengan. Jika tidak ada tanda iritasi, baru lanjutkan pemakaian.

  • Minum suplemen zinc

Zinc dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cara mengurangi peradangan.

Coba konsultasikan ke dokter perlu tidaknya Anda mengonsumsi suplemen zinc. Hindari sembarangan minum suplemen zinc karena efek sampingnya bisa menyebabkan sakit perut dan gangguan usu.

Jika dirasa perlu, dokter biasanya meresepkan suplemen zinc dengan dosis 35 sampai 45 miligram per hari selama beberapa saat untuk mengurangi jerawat.

Minum minyak ikan

Studi menunjukkan, minum minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) bisa membantu menghilangkan jerawat.

Asam lemak tersebut bisa membantu mengurangi produksi minyak, menjaga kelembapan kulit, sampai mengurangi peradangan biang jerawat.

Selain minum minyak ikan, Anda juga bisa makan asupan tinggi omega-3 seperti kacang kenari, biji chia, biji rami, salmon, sarden, teri, dan kembung.

  • Kurangi stres

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pantang disepelekan lainnya yakni mengurangi stres.

Tingkat stres yang tinggi bisa memperparah jerawat. Coba lakukan beragam teknik relaksasi dan jalankan gaya hidup sehat untuk mengontrol stres.

Saran dokter

Ahli dermatologi Dr. Lauren Abramowitz, PA-C dari Park Avenue Skin Solutions yang berbasis di AS membagikan saran untuk pemilik kulit berjerawat.

“Yang withering penting, jangan pernah memencet jerawat. Semakin dipencet, semakin sulit jerawat disembuhkan,” pesan dia.

Jika Anda telah menjajal beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami di atas tapi masalah kesehatan kulit ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Beberapa jenis jerawat yang membandel dan sering kambuh tak cukup diobati dengan bahan alami, tapi perlu perawatan medis dan obat khusus.

About Lian Kirbel

Check Also

Tips Makeup Anti Crack dan Tahan Lama

Tips Makeup Anti Crack dan Tahan Lama

Tutorialonline.my.id – Tips Makeup Anti Crack dan Tahan Lama. Riasan yang panjang, mungkin adalah keinginan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.