Breaking News

10 Cara Menghilangkan Sifat Baper

10 Cara Menghilangkan Sifat Baper

tutorialonline.my.id – 10 Cara Menghilangkan Sifat Baper. Istilah baper atau bawa perasaan sering ditujukan kepada orang yang memiliki sifat sensitif. Orang yang emosional cenderung mudah tersinggung dan merasa sedih. Biasanya perasaan kewalahan muncul karena perkataan atau kondisi seseorang mengenai hubungan dengan pasangan atau pertemanan. Buffering akan berdampak buruk pada produktivitas dan semangat hidup Anda.

Sifat-sifat buruk ini memang harus dihilangkan agar tidak mengganggu dan membuat hidup Anda lebih nyaman. Solusi untuk ini adalah mulai dari diri sendiri. Agar kamu bisa menghilangkan baper, lakukan beberapa cara jitu untuk menghilangkan baper, yuk simak di bawah ini.

1. Jangan Mudah Menyimpulkan Sesuatu

Jika Anda memiliki masalah dengan teman, sahabat, keluarga, atau pacar, sebaiknya Anda bertemu langsung dan membicarakannya bersama. Jika tidak, pikiran kita akan lari kemana-mana karena anggapan sendiri yang mempersulit diri sendiri.

Cara menghilangkan sifat keras kepala yang ada pada diri sendiri adalah jangan menjadi orang yang mudah menyimpulkan sesuatu. Karena jika ada masalah, orang akan memiliki asumsi sendiri yang membuat Anda kesulitan mencari solusi.

2. Jadikan Pertanyaan Seseorang Menjadi Motivasi

Dalam hidup biasanya kita melewati fase-fase secara bertahap. Mulai dari masa sekolah sering ditanya kapan lulus, setelah lulus ditanya kerja kapan, sepulang kerja ditanya kapan menikah, setelah menikah ditanya kapan punya anak, dan berbagai pertanyaan lainnya yang ada. sulit dihindari saat bertemu kerabat atau seseorang.

Jika Anda mendapatkan pertanyaan sensitif seperti itu, sebaiknya Anda tidak terlalu memikirkannya. Karena suatu saat akan ada saatnya kamu akan melewati fase-fase tersebut. Agar kamu tidak emosi, gunakan pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai motivasi agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Pahami Perbedaan Pendapat

Setiap kali kita mengobrol dengan beberapa orang, tentunya setiap orang memiliki sudut pandang, karakter, perasaan, dan keadaan yang berbeda. Mungkin Anda memiliki pendapat tentang sesuatu tetapi teman Anda tidak setuju dengan pendapat Anda. Untuk menghilangkan baper, kamu harus menyadari bahwa setiap orang terlahir berbeda.

Dengan begitu kamu akan lebih bisa menerima perbedaan tersebut dan menyadari bahwa kamu juga tidak bisa membuat semua orang bahagia.

4. Hindari Melabeli Diri Sendiri

Mungkin Anda sering dihina atau dianggap sebagai “orang yang sensitif”. Lebih parah lagi jika penghinaan tersebut sudah menjadi “label” yang melekat pada diri Anda. Seiring waktu, label itu akan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya fokus pada sifat baper itu. Sebaiknya Anda berhenti dan perlahan mulai melepas label negatif yang selama ini melekat pada diri Anda.

Anda bisa mulai dari sering berbicara pada diri sendiri dan menceritakan hal-hal positif pada diri sendiri hingga akhirnya Anda bisa menyarankan Anda dan menghilangkan label tersebut.

5. Lebih terbuka

Mungkin Anda termasuk orang yang mudah tersinggung dan tidak mudah diajak bercanda. Atau mungkin Anda tidak menyukai gaya bercanda salah satu teman Anda. Beberapa orang memang tidak bisa dengan mudah memahami perasaan atau karakter orang lain. Cara menghilangkan baper adalah dengan lebih terbuka.

Karena ketika Anda lebih terbuka dan menceritakan bahwa karakter teman Anda tidak menyenangkan, mereka akan segera menyadari dan mencoba memahami karakter Anda. Hal ini bisa membuatmu lebih dewasa untuk mengungkapkan apa yang kamu rasakan.

6. Temukan Seseorang yang Dapat Mendukung Anda

Terkadang perasaan kewalahan yang menimbulkan perasaan bingung membuat Anda merasa sendirian. Tapi kenyataannya adalah Anda tidak sendirian. Banyak orang yang pernah mengalami depresi sebelumnya menemukan bahwa ada orang lain yang merasakan hal yang sama.

Cara menghilangkan sifat pemurung adalah dengan bertemu orang baru atau berkenalan dengan seseorang yang sebelumnya sedang baper. Ajak mereka berbagi cara menghilangkan baper. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelajaran baru dari orang-orang yang memiliki sifat yang sama dengan Anda.

7. Carilah Hal Positif di Setiap Situasi

Sifat emosional muncul akibat pikiran negatif yang terus ada di otak kita. Otak adalah filter kuat yang membentuk pikiran kita. Jika menurut Anda dunia adalah tempat yang berbahaya, otak Anda terhubung untuk mencari bukti bahaya itu. Jika Anda percaya bahwa dunia adalah tempat yang baik, maka Anda akan melihat banyak peluang bagus.

Menjadi orang yang sensitif akan membuat hidup Anda tidak bahagia. Cara menghilangkan baper adalah dengan memikirkan sisi positif dari setiap kejadian atau situasi yang menimpa diri Anda. Karena dibalik kejadian terburuk sekalipun, kita bisa mengambil sisi positifnya.

8. Belajar Menjadi Cuek

Untuk kamu yang sedang baper, cobalah untuk mulai merubah diri menjadi orang yang lebih cuek. Ketidaktahuan bukan berarti Anda acuh tak acuh atau tidak peduli apapun dengan orang lain. Ketidaktahuan di sini berarti Anda harus bisa memfilter dan mulai tidak mempedulikan hal-hal yang tidak penting untuk dipikirkan.

Karena orang yang memiliki sifat sensitif akan mudah peka terhadap hal-hal kecil. Anda bisa mulai tidak mempedulikan hal-hal kecil yang seharusnya tidak menjadi masalah bagi Anda. Misalnya perkataan buruk dari orang lain, anggapan buruk dari orang lain yang belum tentu benar, atau Anda dicap sebagai orang yang negatif.

Cobalah untuk tidak mempedulikan hal-hal sepele seperti itu. Dengan begitu hidup Anda akan lebih nyaman dan bahagia. Baca juga artikel cara menjadi orang jahil, ya!

9. Alihkan Perhatian ke Hal Positif

Biasanya orang yang sedang baper akan terus memikirkan hal-hal yang mengganggunya. Cara menghadapi pikiran-pikiran tersebut adalah dengan fokus pada hal-hal positif. Orang sibuk hanya akan fokus pada apa yang perlu dilakukan. Sehingga membuat Anda perlahan-lahan asyik dengan diri sendiri dan mulai tidak mempedulikan perasaan negatif tersebut.

10. Meditasi

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencoba meditasi. Meditasi dapat mengatur respon terhadap emosi manusia. Bahkan dapat membantu meningkatkan reaktivitas otak terhadap stresor. Ini sangat membantu Anda mengatasi rasa sensitif yang berlebihan. Anda dapat mengikuti kelas meditasi atau mengikuti meditasi online untuk refleksi diri. Lakukan di tempat yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu oleh siapa pun. Duduk tegak di lantai atau di bantal kursi.

Hindari posisi membungkuk yang membuat Anda sulit bernapas dengan benar. Fokuskan pikiran Anda pada satu elemen napas dan rasakan selama beberapa menit. Terima pikiran dan sensasi yang Anda alami.

Ingatlah bahwa marah dan merasa sensitif itu wajar, karena manusia memiliki sifat sensitif atau peduli terhadap sesuatu. Apalagi bagi wanita yang sering mengalami tekanan emosional, jangan biarkan sifat-sifat tersebut terus bersemayam dan mempengaruhi tindakan kita di dunia nyata. Sadarilah bahwa akan selalu ada orang yang tidak bisa memahami karakter dan perasaanmu.

About Wirnar Hubert

Check Also

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

tutorialonline.my.id - Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya. Cara log out Gmail di HP vital untuk diketahui. Pasalnya log out Gmail di HP lebih rumit ketimbang log out bersama dengan memakai komputer atau laptop, untuk tersebut tak terhitung orang yang masih bingung. Cara log out Gmail di HP [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *