Breaking News

12 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan Beserta Jenisnya

12 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan Beserta Jenisnya

tutorialonline.my.id – 12 Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Kesehatan Beserta Jenisnya. Manfaat kebugaran jasmani adalah mengontrol berat badan, mencegah penyakit berbahaya, meningkatkan stamina, membuat tidur lebih nyenyak, menguatkan tulang dan otot, mengurangi stres, membuat lebih bahagia, menutrisi kulit, mencegah kepikunan, dan mengurangi rasa sakit.

Pengertian kebugaran jasmani sendiri sebenarnya adalah gerakan yang membutuhkan kerja otot agar tubuh Anda akan membakar kalori. Namun, aktif bergerak tidak hanya akan mencairkan lemak tubuh, tetapi juga mengurangi risiko depresi sehingga kualitas hidup Anda juga akan meningkat.

Manfaat latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan jasmani dan rohani
Secara fisik, manfaat latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda rasakan antara lain:

1. Mengontrol berat badan

Anggapan bahwa olahraga dapat menurunkan berat badan memang benar adanya. Semakin banyak berat yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki berat badan ideal, olahraga juga bisa membantu menjaga berat badan agar tidak mudah naik.

Untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani ini, Anda tidak perlu secara khusus berlatih di pusat olahraga. Cukup konsisten untuk aktif bergerak, misalnya rajin berjalan kaki dan memilih naik tangga daripada lift.

2. Mengurangi resiko penyakit serius

Serangan jantung dikenal sebagai silent killer yang seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah ini di masa mendatang, lakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur. Olahraga ini terbukti dapat memperlancar peredaran darah sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit jantung.

Selain menyehatkan jantung, manfaat lain dari latihan kebugaran jasmani adalah mencegah Anda dari penyakit-penyakit berikut:

  • Pukulan
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit pencernaan
  • Tekanan darah tinggi
  • Beberapa jenis kanker
  • Radang sendi.

3. Meningkatkan stamina

Jika Anda sering merasa cepat lelah, berarti sudah saatnya Anda mengintensifkan latihan kebugaran jasmani. Olahraga ini mampu meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuat sistem kardiovaskular (jantung dan paru-paru) bekerja lebih efektif.

Ketika sistem kardiovaskular lebih sehat, maka energi yang dihasilkan oleh tubuh akan lebih banyak sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak aktivitas.

Peningkatan energi juga dapat meningkatkan kehidupan seks Anda, terutama bagi pria. Pria yang sering berolahraga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami disfungsi ereksi dibanding mereka yang jarang aktif secara fisik.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Berolahraga sebelum tidur terbukti membuat tidur lebih nyenyak. Hanya saja untuk mendapatkan manfaat dari kebugaran jasmani ini, Anda tidak disarankan untuk berolahraga sesaat sebelum tidur karena akan membuat mata Anda sulit tertutup karena akan mengalami gelombang energi.

5. Menguatkan tulang dan otot

Melansir dari CDC, latihan kebugaran jasmani secara rutin juga dapat memperkuat tulang dan otot. Hal ini penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari agar risiko cedera lebih rendah.

Manfaat ini terutama terlihat seiring bertambahnya usia, ketika kepadatan tulang menurun secara alami. Pada lansia, memiliki tulang dan otot yang kuat akan mengurangi kemungkinan jatuh, termasuk jatuh di kamar mandi yang seringkali menimbulkan komplikasi berbahaya seperti stroke.

Pada orang yang memiliki masalah persendian, latihan kebugaran jasmani dapat mengurangi keparahan gejala sehingga dapat meningkatkan kemampuan bergeraknya.

6. Meredakan stres

Latihan kebugaran jasmani dapat mengubah kadar hormon di otak, yaitu serotonin, endorfin, dan hormon stres. Hal ini memudahkan Anda untuk membuang atau mengalihkan pikiran negatif dari kepala Anda.

Selain itu, bagi Anda yang rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, peningkatan level energi yang Anda alami juga akan meningkatkan mood Anda.

7. Membuat Anda lebih bahagia

Manfaat kebugaran jasmani untuk kesehatan mental tidak hanya sebatas mengurangi stres, namun secara keseluruhan juga dapat membuat Anda lebih bahagia. Manfaat ini bisa terjadi karena olahraga juga akan meredakan gejala depresi dan gangguan kecemasan.

Latihan kebugaran jasmani juga akan meningkatkan produksi endorfin yang berfungsi menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

8. Kulit sehat

Melakukan latihan kebugaran jasmani dengan intensitas sedang secara teratur akan meningkatkan jumlah antioksidan alami dalam tubuh, sehingga tingkat stres oksidatif dapat diturunkan.

Ketika tingkat stres oksidatif tinggi, sel-sel kulit akan rusak dan memicu tanda-tanda penuaan dini.
Olahraga juga akan memperlancar aliran darah di kulit sehingga mencegah penuaan dini.

9. Mencegah pikun

Manfaat kebugaran jasmani selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak, sehingga dapat mencegah kepikunan dan menjaga kemampuan berpikir dalam jangka panjang.

Manfaat ini bisa terjadi karena dengan berolahraga aliran darah ke otak akan meningkat, sehingga kadar oksigen di otak juga meningkat. Hal ini membuat sel-sel di otak tetap sehat.

Olahraga juga akan mengurangi tingkat stres dan peradangan pada sel-sel otak, sehingga bentuk dan fungsinya tetap terjaga sehingga mengurangi risiko demensia.

10. Meredakan rasa sakit

Saat tubuh terasa pegal, melakukan aktivitas fisik seperti latihan kebugaran jasmani mungkin tidak termasuk dalam pilihan Anda. Namun pada kenyataannya, olahraga ringan sesuai kemampuan dan kondisi fisik justru akan membantu meredakan nyeri kronis.

Berolahraga telah terbukti mengurangi rasa sakit pada orang dengan beberapa penyakit seperti fibromyalgia, sakit punggung, dan cedera bahu.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik juga akan meningkatkan ambang nyeri dan persepsi nyeri seseorang.

11. Meningkatkan performa seksual

Stamina dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas seksual. Orang yang bugar, umumnya memiliki performa seksual yang lebih baik. Selain itu, dengan tubuh yang sehat, kepercayaan diri Anda untuk beraksi di ranjang juga akan meningkat.

Latihan kebugaran jasmani juga akan mencegah terjadinya disfungsi ereksi alias impotensi.

12. Meningkatkan harapan hidup

Manfaat kebugaran jasmani yang terakhir adalah untuk meningkatkan usia harapan hidup, karena dengan rutin berolahraga resiko terkena penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa seperti penyakit jantung dan kanker akan berkurang.

Manfaat tersebut sudah bisa didapatkan meski Anda hanya melakukan olahraga dengan intensitas rendah namun rutin.

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa Anda pilih
Pelatihan kebugaran jasmani mengambil banyak bentuk. Anda dapat memilih olahraga yang cocok berdasarkan preferensi dan kondisi fisik Anda. Anda juga dapat menggabungkan latihan ini untuk mendapatkan manfaat kebugaran fisik yang maksimal.

Setidaknya ada lima jenis latihan kebugaran jasmani, yaitu:

  • Latihan stamina atau aerobik: manfaat latihan kebugaran jasmani ini adalah untuk menyehatkan jantung, paru-paru, sistem pernapasan, dan stamina tubuh secara umum. Contoh latihan stamina adalah jalan kaki, jogging, berenang dan bersepeda.
  • Latihan kekuatan: untuk membentuk atau memperkuat otot, misalnya melakukan angkat beban atau berolahraga dengan resistance band.
  • Latihan keseimbangan: agar tidak mudah jatuh, misalnya melakukan senam tai chi atau berdiri dengan satu kaki.
  • Latihan kelenturan: untuk meregangkan otot agar tetap lentur dan tidak kaku, contohnya yoga.
  • Latihan keseimbangan komposisi tubuh: agar volume otot, tulang, air dan lemak dalam tubuh seimbang.

Untuk mendapatkan manfaat latihan kebugaran jasmani di atas, Anda sangat disarankan untuk berlatih secara rutin. Jika memungkinkan, lakukan olahraga sedang selama 150-300 menit per minggu atau tingkat berat selama 75-150 menit per minggu.

Meski begitu, selalu tanamkan dalam diri bahwa lebih baik bergerak sedikit daripada tidak bergerak sama sekali. Mulailah dengan olahraga ringan, misalnya jalan kaki atau jogging, dan tingkatkan intensitasnya sesuai kemampuan tubuh Anda.

About Wirnar Hubert

Check Also

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!

tutorialonline.my.id - Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!. Tiap tiap orang tentu dulu mengalami situasi bau mulut atau halitosis. Gejalanya adalah muncul aroma bukan sedap yang keluar berasal dari mulut dan kerap kali sebabkan orang yang mengalaminya merasa tidak cukup yakin diri dan juga bukan nyaman kala berkomunikasi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *