Breaking News

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pada Masa Remaja

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pada Masa Remaja

tutorialonline.my.id – 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pada Masa Remaja. Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, pada masa ini terjadi berbagai perubahan yang signifikan secara fisik, biologis, mental dan emosional serta psikososial. Biasanya remaja sering merasa lelah baik secara fisik maupun mental.

Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, remaja tidak bisa hanya fokus pada kesehatan fisik, karena kesehatan mental juga berperan besar dalam kehidupan. Kesehatan mental menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Pada Masa Remaja

Beberapa langkah perubahan sederhana dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan tersebut, dapat dipastikan bahwa hal ini akan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Nah, bagi remaja yang merasa mudah mengalami stres atau gangguan kecemasan, berikut beberapa hal sederhana yang bisa meningkatkan kesehatan mental:

Katakan Hal-hal Positif pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu memikirkan diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada jiwa kamu. Ketika kita melihat diri kita dan hidup kita secara negatif, kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika kamu terbiasa menggunakan kata-kata yang membuat kamu lebih positif, maka hal ini akan membuat kamu lebih optimis.

Tuliskan hal-hal yang perlu disyukuri

Syukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, dan kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah dengan membuat jurnal dan menuliskan hal-hal yang harus disyukuri setiap hari. Secara umum, meditasi rasa syukur juga efektif, tetapi kamu perlu mempraktikkannya secara rutin untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan itu di hati kamu.

Fokus pada Satu Hal pada Suatu Waktu

Fokus pada tujuan dapat melepaskan emosi negatif dari pengalaman masa lalu yang memberatkan. Mulailah dengan menyadari bahkan hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memperhatikan sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu fokus. Ketika pikiran kamu terbang sehingga menyebabkan kamu terlalu banyak berpikir, maka kembalikan saja ke sesuatu yang sedang kamu lakukan.

Olahraga

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menghilangkan stres dan meningkatkan mood kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itu sebabnya olahraga adalah penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah olahraga, seperti naik tangga atau berjalan ke area terdekat. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

Terbuka untuk Seseorang

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka pada orang lain, yang membuat kamu lebih bisa berpikir positif dan mengenal diri sendiri lebih baik.

Tidur Tepat Waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Cobalah tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum tidur dan batasi minuman berkafein untuk pagi hari.

About Wirnar Hubert

Check Also

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!

tutorialonline.my.id - Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Agar Nafas Jadi Segar dan Lebih Percaya Diri!. Tiap tiap orang tentu dulu mengalami situasi bau mulut atau halitosis. Gejalanya adalah muncul aroma bukan sedap yang keluar berasal dari mulut dan kerap kali sebabkan orang yang mengalaminya merasa tidak cukup yakin diri dan juga bukan nyaman kala berkomunikasi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *