Breaking News

Banyak yang Salah, Begini Pengoperasian Transmisi Mobil Matik saat ‘Stop and Go’

tutorialonline.my.id – Banyak yang Salah, Begini Pengoperasian Transmisi Mobil Matik saat ‘Stop and Go’. Tidak benar kaprah di dalam pengoperasian mobil bertransmisi otomatik, khususnya Cvt, masih kerap berlangsung di penduduk.

Berasal dari beragam tidak benar kaprah yang tersedia, kesalahan pengoperasian ketika hendak berhenti dan berlangsung rupanya menjadi yang paling kerap dijalankan.

technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (Adm), Bambang Supriyadi, mengatakan sementara ini berlimpah pengguna mobil bertransmisi otomatik, khususnya Cvt, yang justru lebih pernah menetralkan transmisi dibandingkan mengaktifkan rem parkir.

“menjadi yang sahih jika mau smooth, begitu berhenti tersebut tarik rem tangan pernah baru pindah (Tuas) ke P, jangan dibalik.

Kami biasanya kan ke P pernah baru tarik rem tangan,” ujar Bambang sementara ditemui di sela media workshop D-Cvt Daihatsu, di Sunter sebagian pas lalu.

lebih lanjut, Bambang menjelaskan apabila pengemudi memindahkan tuas transmisi terlebih dahulu ke P dibandingkan mengaktifkan rem parkir, maka akan membawa dampak beban pengereman atau yang menghindar mobil akan sepenuhnya dibebankan terhadap transmisi.

“Dikarenakan lock si giginya tersebut akan nggak smooth, kan gigi tersebut tersedia lock-nya ya ketika kami pindahkan ke P, nah nanti jadinya lock-nya duluan yang aktif dibandingkan rem parkirnya.

Padahal kalo rem parkir pernah, maka masuknya fork terhadap roda gigi nih akan smooth dan bukan hingga bunyi ‘Cetak’, bunyi ‘Cetak’ tersebut dikarenakan rilisnya fork mirip giginya bukan smooth,” terang Bambang.

Timbulnya bunyi ‘Cetak’ itu, tambah Bambang, akan semakin diperparah apabila keadaan mobil bukan berhenti terhadap jalan yang datar, layaknya di tanjakan atau turunan.

Ini sebab, terhadap keadaan itu mobil punya beban yang berlebih implikasi adanya energi dorong yang dihasilkan berasal dari jalan bukan rata tersebut.

Berlaku juga sementara hendak berjalan

Banyak yang Salah, Begini Pengoperasian Transmisi Mobil Matik saat ‘Stop and Go’

perlakuan sama juga berlaku ketika pengemudi hendak menjalankan mobil.

Langkah yang sahih, sambung Bambang, adalah bersama memindahkan tuas transmisi otomatik terlebih dahulu dan disusul bersama dengan menonaktifkan rem parkir.

“Begitu juga sebaliknya, terkecuali mau jalan maka P pindah ke N, ke D, atau ke Reverse pernah, baru rem parkirnya tanggal. Nah tersebut dia akan smooth,” beber Bambang.

Bersama memperlakukan perpindahan gigi yang sahih, kata Bambang, maka akan mengakibatkan perpindahan gigi menjadi lebih smooth, dan pengaruh jangka panjangnya transmisi pun akan lebih awet dan punyai usia pakai yang lebih lama.

About Fernando Helzinski

Check Also

Wajib Tahu! Ini 6 Tindakan Sederhana yang Bisa Membuat Pacar Bahagia

Wajib Tahu! Ini 6 Tindakan Sederhana yang Bisa Membuat Pacar Bahagia

Tutorialonline.my.id – Wajib Tahu! Ini 6 Tindakan Sederhana yang Bisa Membuat Pacar Bahagia. Terkadang kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.