Cara Memakai Tespek agar Hasil Akurat

Salah satu hal yang paling dinantikan kebanyakan wanita adalah kehamilan, dimana seorang wanita akan memiliki buah hati dan menjadi seorang ibu.

Banyak tanda-tanda yang muncul ketika wanita hamil. Mulai dari mual-mual, sensitif terhadap bau tertentu, atau ada sesuatu yang sangat diinginkan (ngidam).

Untuk  memastikan akan lebih baik jika memeriksa langsung ke yang lebih ahli seperti dokter kandungan misalnya. Selain periksa ke rumah sakit atau dokter, ada cara lain yang lebih praktis dan ekonomis

Tespek (Test Pack) merupakan salah satu alat tes kehamilan yang bisa dibeli dengan mudah, di apotik atau di toko-toko kesehatan. Penggunaannya pun cukup mudah, bisa dilakukan di rumah. Untuk keakuratannya tidak perli diragukan, 99% hasil dari Tespek akurat.

Cara Memakai Tespek

Cara Memakai Tespek

Sebelum membahas mengenai bagaimana Cara Memakai Tespek, untuk menambah pengetahuan kita akan membahas lebih detail tentang Tespek ini.

Mungkin hal pertama yang akan kita bahas adalah cara kerjanya.

Cara Kerja Tespek

Tespek menggunakan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) untuk menganalisa kehamilan. Hormon ini terkandung pada urine atau air seni wanita saat hamil. Ketika sel telur telah dibuahi, tubuh mulai memproduksi hormon ini. hCG juga terus bertambah kadarnya selama masa kehamilan.

Kadar hCG juga akan mempengaruhi keakuratan hasil dari penggunaan Tespek. Jadi semakin lama usia kehamilan, hasil akan semakin akurat.

Penggunaan pada waktu yang kurang tepat juga bisa menunjukan hasil positif hamil, dengan muncul 2 garis yang artinya positif namun samar. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan hCG juga diproduksi saat terjadi keterlambatan haid atau menstruasi

Waktu yang Tepat untuk Memakai Tespek

Jadi waktu juga menentukan keakuratan dari Tespek ini? Hasil akan lebih akurat jika digunakan pada 1 hari setelah masa menstruasi. Jadi Sobat bisa menunggu 1 hari dari jadwal menstruasi untuk menggunakan Tespek agar hasil lebih akurat.

Selain itu, urine atau air seni di pagi hari memiliki kadar hCG yang lebih tinggi pada wanita hamil. Jadi Tespek akan bisa memberikan hasil yang lebih akurat jika digunakan pada urine atau air seni yang keluar pada pagi hari.

Cara Memakai Tespek yang Benar agar Hasil Akurat

Secara prosedur, menggunakan Tespek sangatlah mudah. Namun untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dari pembahasan diatas Sobat mungkin sudah bisa menangkap bagaimana cara menggunakan Tespek yang benar agar hasil bisa akurat.

Tapi, untuk memastikannya Sobat bisa mengikuti langkah-langkah dibawah.

1. Perhatikan Siklus Menstruasi/Haid

Banyak kasus Tespek menunjukan hasil negatif padahal sebenarnya hamil, begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan karena kehamilan di usia muda, hCG baru diproduksi dan jumlahnya sedikit. Jadi Tespek tidak bisa mendeteksi kehamilan dengan baik, sehingga akan menunjukan hasil yang negatif.

Begitu pula saat menstruasi/haid, tubuh wanita memiliki kemungkinan memproduksi cHG yang jumlahnya tidak sebanyak saat hamil. Jadi Tespek bisa menunjukan hasil positif hamil dengan tanda yang samar. Hal ini tentu tidak akurat dan meragukan.

Oleh karena itu, Sobat harus memastikan siklus menstruasi/haid. Lebih baik menunggu masa menstruasi yang biasanya terjadi lewat. Barulah untuk memastikan kehamilan bisa menggunakan Tespek.

2. Periksa Kelayakan Tespek

Sebelum menggunakan, pastikan kelayakan dari Tespek. Mulai dari kemasannya harus utuh, tidak ada kerusakan atau cacat dari fisik Tespek, dan jangan lupa periksa tanggal kadaluwarsanya juga.

Gunakan Tespek dengan kualitas yang bagus. Biasanya merk ternama memiliki kualitas dan keakuratan yang lebih.

3. Ikuti Petunjuk

Cara menggunakan Tespek memang mudah, tinggal celupkan Tespek ke air seni atau ada juga yang hanya meneteskan air seni ke Tespek.

Tapi untuk memastikan dan mendapatkan hasil yang akurat, Sobat bisa membaca petunjuk pemakaian pada kemasan Tespek.

4. Kenali Hasil Tespek

Tentunya kita juga harus paham mengenai Tespek yang kita gunakan. Bagamana hamil tidaknya ditunjukan pada sebuah tespek. Hal ini tentu bisa kita ketahui dari petunjuk pemakaian tersebut.

Penyebab Hasil Tespek Tidak Akurat

Ada banyak hal yang menyebabkan hasil Tespek tidak akurat. Misal, Tespek menunjukan hasil negatif atau tidak hamil. Padahal sebenarnya hamil. Berikut kemungkinan penyebabnya:

  • Tespek tidak layak pakai.
  • Cara penggunaan Tespek salah.
  • Waktu penggunaan Tespek tidak tepat.
  • Kondisi urine yang disebabkan faktor kesehatan.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.

Jadi, untuk mendapatkan hasil yang akurat Sobat bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Mengulangi proses pengetesan juga bisa lebih meyakinkan dari hasil tes.

Jika memang diperlukan, bisa periksa ke rumah sakit atau dokter spesialis untuk hasil yang lebih akurat.

Recommended For You

About the Author: tutorialonline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *