Breaking News

Cara Membuat Tabel di MS Word, Yuk Disimak Biar Makin Mengerti

Cara Membuat Tabel di MS Word, Yuk Disimak Biar Makin Mengerti

tutorialonline.my.id – Cara Membuat Tabel di MS Word, Yuk Disimak Biar Makin Mengerti. Pada aplikasi Microsoft Word telah disediakan fitur-fitur untuk memudahkan kita dalam membuat tabel dalam sebuah dokumen. Fungsi dari tabel itu sendiri adalah untuk menyajikan data berupa teks atau angka agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Fitur tabel di Office Word di laptop atau PC sangat mudah dipadukan dengan teks atau objek lain seperti gambar, word art dan lain-lain. Tentunya hal ini dapat mempercantik meja yang akan dibuat.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tabel di Word. Pertama, dengan menggunakan cara cepat yaitu menggunakan menu Toolbar Table. Kedua, dengan menggunakan Kotak Dialog Sisipkan Tabel. Yang ketiga adalah menggunakan Convert Text To Table untuk dapat secara langsung mengubah karakter teks menjadi bentuk tabel. Pada tutorial Microsoft Word kali ini kita akan membahas ketiganya mulai dari yang pertama.

Membuat Tabel di Word dengan Cara Cepat

Cara pertama ini cocok untuk Anda yang ingin menambah tabel dengan cepat. Namun, kelemahan dari metode ini adalah jumlah baris dan kolom yang akan dibuat terbatas. Maksimal hanya bisa membuat 10 kolom dan 8 baris. Tapi kita masih bisa mengeditnya nanti dan juga menambahkan baris atau kolom dengan sangat mudah.

Berikut cara cepat membuat tabel di word menggunakan tombol Table pada menu Insert.

  • Tempatkan kursor di lokasi di mana tabel akan ditempatkan.
  • Klik menu Sisipkan.
  • Klik tombol Table sehingga akan muncul fitur Insert table yang didalamnya terdapat banyak kotak. Itu adalah kotak di mana kita dapat mensimulasikan jumlah baris dan kolom yang akan dibuat tabel.
  • Sorot kursor kita ke dalam kotak mulai dari kiri atas, lalu pindahkan sesuai dengan berapa banyak kolom dan baris yang ingin Anda buat. Warna highlight bisa dilihat beserta jumlah baris dan kolom yang kita highlight.
  • Klik pada kolom kotak jika jumlah baris dan kolom sesuai. Kemudian secara otomatis sebuah tabel akan dibuat dalam dokumen.

Membuat Tabel di Microsoft Word Dengan Sisipkan Tabel

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan menu Insert Table. Keuntungan dari metode ini adalah kita dapat menentukan jumlah kolom dan baris yang kita inginkan. Tentu saja, kita dapat membuat tabel dengan lebih banyak baris dan kolom daripada menggunakan metode pertama.

Berikut cara membuat tabel di Microsoft Word melalui Insert table.

  • Tempatkan kursor di tempat Anda ingin tabel ditempatkan.
  • Klik menu Sisipkan.
  • Klik tombol Tabel. Kemudian akan muncul banyak menu di bawahnya.
  • Pilih menu Sisipkan Tabel. Kemudian akan muncul kotak dialog Insert Table.
  • Masukkan jumlah kolom di bagian Jumlah Kolom. Kolom adalah bagian vertikal atau tegak dari tabel.
  • Masukkan jumlah baris di bidang Jumlah baris. Baris adalah bagian horizontal atau horizontal dari tabel.
  • Klik OK untuk membuat tabel pada halaman dokumen.

Buat Tabel di Word Menggunakan Konversi Teks Ke Tabel

Kita juga bisa membuat tabel dari teks yang sudah diketik di dokumen dengan menggunakan menu Convert Text To Table. Misalnya, kita mengetik beberapa kata dan kata tersebut memiliki pemisah seperti koma, tab, atau spasi. Kemudian kita bisa langsung mengubahnya menjadi tabel dengan menggunakan menu. Lihat juga tutorial lainnya tentang bagian-bagian dari ms word.

Pemisah berupa koma, tab atau spasi dapat digunakan sebagai pembatas untuk membuat kolom. Sedangkan untuk membuat garis harus menggunakan Enter. Nah, langsung saja ke langkah-langkahnya agar mudah dipahami.

Berikut cara membuat tabel di Word dengan mengonversi teks melalui menu Convert Text to Table.

  • Ketik teks yang akan kita buat tabelnya menggunakan pemisah, biasanya berupa tab, koma, atau spasi. Pemisah nantinya berguna untuk mengubah menjadi kolom untuk setiap karakter yang dimasukkan. Sedangkan untuk membuat garis kita bisa membuat garis baru dengan menggunakan Enter pada keyboard. Agar lebih mudah, lihat contoh berikut
  • beras 1 kg, 10000
    2, beras 3 kg, 30000
    3, beras 4 kg, 40000
  • Blok teks yang diketik.
  • Setelah itu klik menu Sisipkan.
  • Klik tombol Tabel untuk menampilkan beberapa opsi.
  • Klik Konversi Teks ke Tabel. Untuk memunculkan kotak dialog Convert Text to Table.
  • Masukkan pemisah yang digunakan dalam teks Terpisah di. Misalnya pada contoh di atas kita menggunakan tanda koma sebagai pemisah. Kemudian kita bisa mengetikkan koma di kolom Other atau cukup pilih Commas. Secara
  • otomatis jumlah kolom dan baris akan muncul di bagian Table Size.
  • Klik OK untuk menampilkan tabel.
  • Menu mengonversi teks ke tabel di word

Penutup

Dengan 3 cara diatas kita bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita. Jika kita tidak memiliki data terstruktur yang telah diketik, kita dapat membuatnya dari awal menggunakan metode 1 dan 2. Sedangkan jika kita memiliki data terstruktur yang telah diketik, kita dapat menggunakan metode 3.

About Wirnar Hubert

Check Also

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

tutorialonline.my.id - Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya. Cara log out Gmail di HP vital untuk diketahui. Pasalnya log out Gmail di HP lebih rumit ketimbang log out bersama dengan memakai komputer atau laptop, untuk tersebut tak terhitung orang yang masih bingung. Cara log out Gmail di HP [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *