Cara Mengatasi Sesak Nafas saat Hamil

Cara Mengatasi Sesak Nafas saat Hamil – Saat wanita hamil, akan banyak perubahan atau gejala yang akan dialami baik fisik maupun psikis. Sesak nafas merupakan salah satu gejala yang mungkin akan dialami.

Apakah sesak nafas saat hamil itu normal? Sesak nafas mungkin akan dialami wanita hamil, terutama pada usia kandungan tua (6 sampai 9 bulan). Memang hal yang wajar, namun pada beberapa kasus sesak nafas saat hamil perlu penanganan khusus dari tenaga medis, agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan.

Sesak Nafas saat Hamil

Jadi tidak perlu khawatir kalau saat hamil Bunda merasa sesak nafas. Kali ini tutorialonline.my.id akan membagikan cara mengatasi sesak nafas saat hamil. Akan lebih baik jika kita mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Sesak Nafas saat Hamil

Penyebab Sesak Nafas saat Hamil

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya sesak nafas saat kehamilan.

  1. Perut yang semakin membesar bisa menjadi penyebab sesak nafas saat hamil. Karena dengan semakin membesarnya tubuh, terutama pada bagian perut, Bunda akan merasa berat dan lebih mudah lelah. Yang akhirnya menyebabkan sesak nafas.
  2. Tidak hanya perubahan kondisi fisik yang membuat Bunda merasa berat dan lebih cepat lelah, besarnya perut juga bisa mendorong rongga paru-paru sehingga ruang lebih sempit sehingga nafas serasa sesak.
  3. Kebutuhan oksigen sang bayi juga bisa menjadi penyebab Bunda mengalami sesak nafas. Pada trismester kedua, hormon kehamilan akan merangsang otak agar Bunda bisa mendapat pasokan oksigen lebih banyak. Karena itu Bunda mungkin akan merasa sesak nafas karena kadar oksigen yang dibutuhkan lebih banyak
  4. Kemungkinan Bunda menderita penyakit dengan gejala sesak nafas seperti batuk, flu, atau semacamnya. Bisajuga karena penyakit bawaan yang diderita. Hal seperti ini yang perlu penanganan medis lebih lanjut.

Cara Mengatasi Sesak Napas saat Hamil

Kalau sudah mengetahui penyebab sesak nafas saat hamil, Bunda tidak perlu panik. Berikut beberapa cara mengatasi sesak nafas saat hamil.

1. Istirahat

Istirahat merupakan cara paling efektif untuk mengatasi sesak nafas saat hamil yang disebabkan kelelahan. Kurangi melakukan aktivitas yang berat saat hamil agar tidak lelah yang bisa menyebabkan sesak nafas.

2. Relaksasi

Tidak hanya merelaksasikan tubuh dengan beristirahat, merelaksasikan pikiran juga penting. Karena terlalu banyak pikiran bisa membuat Bunda merasa stres dan cepat lelah yang akhirnya menyebabkan sesak nafas.

3. Olahraga Ringan

Olahraga juga penting loh Bunda untuk menjaga kebugaran tubuh saat hamil. Tapi ingat, hanya lakukan olahraga ringan saja seperti berenang, yoga, atau minimal berjalan.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat sudah menjadi hal yang wajib dikonsumsi ibu hamil. Selain untuk menjaga kesehatan sang buah hati, makanan yang sehat juga bisa menjaga kesehatan Bunda sendiri. Sehingga resiko gejala yang tidak diinginkan termasuk sesak nafas bisa berkurang.

5. Hindari Soda dan Kafein

Sebaiknya hindari minuman yang mengandung soda dan kafein ya Bunda, termasuk kopi dan teh. Karena bisa menyebabkan dehidrasi dan membuang cairan tubuh lebih banyak, sehingga kadar oksigen dalam tubuh bisa terganggu dan menyebabkan sesak nafas.

6. Atur Posisi Tidur dan Duduk

Posisi yang salah saat tidur maupun duduk bisa menyebabkan sesak nafas, kehamilan (perut) bisa menekan rongga paru-paru lebih berat. Maka dari itu, Bunda harus mengatur posisi saat duduk ataupun tidur dengan senyaman mungkin.

Akhir Kata

Nah, itu dia ya Bunda cara mengatasi Sesak Nafas saat Hamil. Untuk sesak nafas yang disebabkan penyakit atau gangguan medis lainnya, Bunda harus segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat sehingga tidak terjadi hal yang buruk dan tidak diinginkan.

Recommended For You

About the Author: tutorialonline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *