Cara Mudah Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh – Tubuh kita tentu memerlukan istirahat dan istirahat yang paling penting adalah tidur. Kurangnya tidur bisa menyebabkan banyak efek negatif pada tubuh kita, mulai dari daya tahan yang menurun hingga bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan lainnya.

Yang susah adalah ketika waktunya istirahat tidur, kebanyakan orang malah kesulitan dan bahkan sampai tidak bisa tidur. Padahal keesokan harinya harus bangun pagi untuk melakukan rutinitas.

Kamu mengalami susah tidur? Bagaimana solusi untuk orang yang mengalami susah tidur?

Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Insomnia merupakan kondisi yang membuat penderitanya merasa sulit bahkan sampai tidak bisa tidur. Mungkin terlihat sepele, hanya tidak bisa tidur. Tapi seperti yang sudah kita bahas, kurangnya tidur bisa berakibat berbahaya pada kesehatan tubuh kita.

Apakah Insomnia hanya pada tidak bisa tidur di malam hari? Rata-rata orang akan istirahat tidur di malam hari, karena rutinitas aktifnya dilakukan pada siang hari. Berbeda pada beberapa orang yang memang melakukan aktivitas pada malam hari, di siang hari tentu mereka akan istirahat.

Pada dasarnya tubuh memerlukan istirahat tidur yang cukup. Idealnya, tubuh memerlukan tidur selama 6-8 jam sehari. Jadi bukan masalah waktunya, tidak bisa tidur di malam hari atau siang hari. Asal bisa tidur yang cukup, tidak akan ada masalah.

Yang menjadi masalah adalah pengidap insomnia kesulitan untuk tidur pada waktu yang dimilikinya untuk istirahat, kebanyakan malam hari.

Apa saja sih Penyebab Insomnia?

Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan Insomnia:

  • Stress
  • Depresi
  • Pola tidur tidak teratur
  • Pola makan tidak teratur
  • Tidak mengonsumsi makanan sehat
  • Efek samping obat-obatan

Gangguan psikis menjadi penyebab paling banyak orang mengidap Insomnia. Banyak pikiran, stress, dan depresi misalnya, bisa membuat orang mengalami Insomnia alias susah tidur.

Pola hidur yang tidak teratur juga bisa menyebabkan orang mengalami kondisi insomnia. Misal terlalu banyak begadang, padahal di siang hari harus beraktivitas. Hal ini bisa menjadi kebiasaan yang mengakibatkan susah tidur di malam hari.

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi minuman mengandung kafein dan sejenisnya yang bisa membuat kita terjaga juga menjadi penyebab kondisi Insomnia.

Gejala Insomnia

Biasanya pengidap Insomnia akan mengalami susah tidur dalam waktu yang lama. Kalau cuma sehari atau 2 hari saja tidak bisa tidur, mungkin ada penyebab lain dan belum bisa dikatakan Insomnia. Mungkin karena pola tidur yang terganggu karena ada perubahan aktivitas atau hal lainnya.

Tapi kalau memang itu terjadi, kamu harus segera memperbaiki pola tidur. Agar tidak menjadi kebiasaan dan akhirnya jadi Insomnia.

Pengidap Insomnia biasanya akan mengalami susah tidur pada waktu yang harusnya digunakan untuk istirahat tidur. Meskipun bisa, tidur tidak akan nyenyak dan sering terbangun.

Bahkan ada yang tidak bisa tidur sama sekali. Hal ini mengakibatkan rasa ngantuk pada waktu beraktivitas, dengan terpaksa harus tetap terjaga.

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Insomnia paling ampuh:

1. Relaksasi

Selain bisa membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan lelah, relaksasi juga bisa membuat pikiran tenang. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi Insomnia yang disebabkan gangguan psikis.

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu rileks. Seperti bersantai, mandi air hangat, mendengar musik, atau apa saja yang bisa membuat tubuh dan pikiran kamu lebih santai.

2. Positive Thinking

Berusaha untuk terus berfikiran positif bisa membuat kamu terhindar dari Insomnia loh. Karena dengan positive, kita juga akan terhindar dari stress dan depresi yang bisa menyebabkan Insomnia.

Berpikir positif juga bisa berdampak baik pada kehidupan sosial kita. Kita akan menjadi lebih ceria, tidak mudah marah, dan pikiran bisa lebih tenang.

3. Pola Makan Sehat dan Teratur

Konsumsi makanan yang sehat dan teratur. Sebelum tidur, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat kompleks. Makanan sejenis itu akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga tubuh juga akan lebih sulit tidur.

Kalau kamu ingin nyemil sebelum tidur, mungkin bisa makan makanan yang bagus dan memperlancar sistem pencernaan. Seperti buah berserat tinggi, yogurt, atau sejenisnya.

4. Hindari Mengonsumsi Kafein

Seperti yang sudah kita ketahui, kafein merupakan zat yang bisa membuat kita terjaga. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kaferin, tentu akan membuat kita susah tidur. Apalagi kalau sering mengondusmsi.

Kalau kamu memang suka dengan kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein, kurangi mengonsumsi minuman tersebut saat kamu mengalami gejalan Insomnia. Akan lebih bagus kalau kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

5. Jangan Merokok saat mau Tidur

Kalau kamu perokok, jangan merokok sebelum tidur. Kandungan nikotin juga bisa membuat kita terjaga alias tidak ngantuk, meskipun efeknya tidak sebesar kafein.

Dan alangkah lebih baik kalau tidak merokok. Kamu bisa terhindar dampak yang lebih berbahaya dari rokok.

6. Pola Tidur yang Teratur

Sesuaikan waktu istirahat tidur dengan waktu aktivitas dan rutinitas kamu, sehingga bisa mendapat tidur yang cukup.

Misal ada perubahan pola tidur, misal harus terjaga saat waktu tidur kamu (bepergian, aktivitas mendadak di malam hari, dan semacamnya), segera sesuaikan dengan tidur yang cukup di waktu yang kamu miliki.

7. Kurangi Tidur Siang

Mungkin tidur siang bisa menjadi bagus, saat kamu terlalu lelah beraktivitas dan butuh istirahat lebih. Namun tidur siang yang berlebihan malah bisa membuat kamu Insomnia.

Terlalu banyak tidur pada waktu yang bukan untuk istirahat tidur (siang), bisa membuat kamu tidak ngantuk saat waktu tidur (malam) dan menyebabkan Insomnia.

8. Buat Ruangan Tidur Senyaman Mungkin

Ruang atau kamar tidur yang nyaman bisa membuat kamu lebih mudah tertidur dan terhindar dari Insomnia.

Ada beberapa orang yang lebih nyaman tidur di kondisi gelap atau cahaya redup, gunakan lampu tidur saat mau tidur. Ada juga orang yang malah tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, bisa menggunakan lampu yang terang saat mau tidur.

Perlengkapan tidur yang nyaman juga bisa mengatasi Insomnia. Kasur, bantal, guling, atau selimut yang nyaman misalnya.

9. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat juga bisa membuat kamu terhindar dari Insomnia loh. Selain pola tidur teratur dan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa melakukan olah raga secara rutin yang membuat tubuh lebih bugar.

10. Konsultasi ke Dokter dan Konsum Obat

Insomnia juga bisa diakibatkan karena efek samping obat yang dikonsumsi. Misal mengalami sakit dan minum obat yang mengakibatkan susah tidur.

Pada kasus seperti ini sangat disarankan untuk konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika perlu, dokter akan memberikan obat yang bisa meredakan Insomnia yang kamu alami karena efek samping obat lainnya.

Akhir Kata

Cara mengatasi Insomnia paling ampuh ini bisa kamu coba saat kamu merasa sulit tidur dan mengalami Insomnia. Dengan mengenali apa saja penyebab Insomnia, kamu bisa memilih cara yang tepat.

Kalau misal cara mengatasi Insomnia ini tidak bisa membantu, mungkin pergi ke seorang ahli akan menjadi solusi yang paling tepat. Ke psikiater misal merasa Insomnia diakibatkan gangguan psikis, atau dokter umum jika Insomnia dialami setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Recommended For You

About the Author: tutorialonline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *