Breaking News

Ini Persyaratan Terbaru Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Ini Persyaratan Terbaru Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Tutorialonline.my.id – Topik pembahasan kali ini adalah berkaitan bagaimana cara memperoleh Kartu Indonesia Pandai (Kip) 2021, ini merupakan kabar vital bagi para orangtua yang mempunyai anak masih sekolah di taraf Sd, SMP dan SMA sebab bisa beroleh perlindungan dana pendidikan berasal dari pemerintah.

Pada tahunan 2021 ini Pemerintah lagi melanjutkan pertolongan dana pendidikan lewat Program Indonesia Pandai (Pip) yang mana persyaratan wajibnya adalah miliki Kartu Indonesia Pandai (Kip). Dukungan pertolongan dana pendidikan secara tunai ini diperuntukkan anak sekolah usia 6 hingga 21 year.

Berikut besaran dana dukungan yang diberikan oleh Pemerintah :

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
  • Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Tidak seluruh anak sekolah bisa meraih Kartu Indonesia Pandai (Kip) ini sebab Pemerintah mencanangkan program dukungan dana pendidikan ini dikhususkan untuk keluarga miskin, rentan miskin dan prioritas tetap sehingga bisa konsisten melanjutkan pendidikan hingga tamai sekolah taraf menengah (Sma).

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2021

Layaknya yang telah di informasikan oleh pemerintah lewat web formal Kementerian Pendidikan bahwa ada persyaratan spesifik yang berkah meraih Kartu Indonesia Pandai (Kip) ini, yaitu :

  • Anak usia 6 sampai 21 tahun atau pendidikan formal (SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA) maupun non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar)
  • Merupakan anak dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.

Nah, untuk para orangtua yang ingin membuatkan Kartu Indonesia Pandai (Kip) anaknya, bisa mengikuti cara berikut ini :

  1. Orangtua siswa (SD/SMP/SMA sederajat) bisa mendaftarkan anaknya ke lembaga pendidikan terdekat dikota anda atau bisa juga kesekolah dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), KTP dan berkas pendukung lainnya.
  2. Mekanismenya, siswa mendaftar dengan membawa KKS milik orang tua ke lembaga pendidikan terdekat (dinas pendidikan) atau bisa juga dengan melapor langsung ke pihak sekolah, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).
  3. Jika orangtua dari anak yang ingin mendapatkan KIP tidak memiliki KKS, maka untuk melengkapi persyaratannya orangtuanya bisa membuat surat pengantar dulu dari RT dan Kelurahan untuk dibuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
  4. Setelah berkas lengkap dan sudah di berikan ke sekolah ataupun lembaga pendidikan setempat, harap tunggu untuk proses verifikasi dan nantinya kartu indonesia printar (KIP) akan dikirimkan ke sekolah.
  5. Peserta didik yang sudah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) wajib menyimpan dan menjaga dengan baik agar tidak rusak atau hilang.
  6. Jika kartu KIP hilang atau rusak, maka peserta didik dibantu oleh orangtua untuk segera melaporkan hal itu ke kontak pengaduan PIP agar bisa segera diganti dengan kartu baru.

Apa yang harus dilakukan jika masih ada siswa dari keluarga miskin belum memiliki Kartu KIP?

Serupa layaknya langkah awal tadi, gara-gara program ini tidak ada era sementara pendaftaran, menjadi peserta didik didampingi orangtua bisa segera mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (Kks) orang tuanya ke forum pendidikan terdekat atau bisa juga mengenakan SKTM jika belum terdaftar di Kks.

Semoga Berguna.

About ucok hard

Check Also

Mengenali Perbedaan Flek Hitam, Melasma, dan Gejala Melanoma

Mengenali Perbedaan Flek Hitam, Melasma, dan Gejala Melanoma

Tutorialonline.my.id - Mengenali Perbedaan Flek Hitam, Melasma, dan Gejala Melanoma. Berbagai masalah pada kulit mungkin sekilas tampak mirip, misalnya flek hitam, melasma, dan melanoma. Ketiga kondisi ini memiliki penanganan berbeda dan tidak semuanya berbahaya. Yuk, cari tahu perbedaan flek hitam, melasma, dan melanoma dalam informasi berikut ini. Perbedaan flek hitam, melasma, dan melanoma Sebagai bagian [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.