Breaking News

Syarat Nikah di KUA, Ketahui Dokumen yang Perlu Disiapkan dan Prosedurnya

tutorialonline.my.id – Syarat Nikah di KUA, Ketahui Dokumen yang Perlu Disiapkan dan Prosedurnya. Melangsungkan pernikahan di KUA tampaknya jadi opsi yang menarik belakangan ini. Apa ulang nikah di KUA sedang jadi tren yang berkembang di media sosial, di mana segudang pasangan-pasangan mengunggah foto pernikahan mereka di media sosial.

Sebenarnya, nikah di KUA udah mampu dikerjakan sebelum tren itu berkembang di media sosial. Meski demikian, tren nikah di KUA bukan sepopuler sekarang.

Berlimpah orang berpikir bahwa menikah adalah moment sekali seumur hidup, agar mesti dilangsungkan bersama resepsi yang meriah dan besar.

Tetapi, tren nikah di KUA ini tampaknya mengakses pikiran rakyat bahwa esensi pernikahan tidak terhadap pesta atau resepsi pernikahan, tetapi terkait bagaimana kedua pasangan yang udah saling terikat ini saling mempertahankan komitmennya untuk merintis kehidupan tempat tinggal tangga.

Tak sekedar tersebut, nikah di KUA juga diakui lebih praktis dan bukan memakan biaya. Meski demikian, tersedia sejumlah syarat nikah di KUA yang mesti dipenuhi oleh calon mempelai sebelum melangsungkan akad nikah.

Hukum Perkawinan di Indonesia

pernikahan atau perkawinan udah diatur di dalam UU Perkawinan. Didalam pasal 1 disebutkan bahwa perkawinan diakui legal kalau dilangsungkan berdasarkan hukum agama dan kepercayaan pengantin.

Misalnya ssaja kalau pengantin beragama Islam, maka wajib dilangsungkan berdasarkan hukum Islam. Adapun perkawinan menurut hukum Islam kudu mencukupi rukun kawin dan syarat legal kawin.

Kala untuk pengantin yang beragama Kristen, juga wajib melangsungkan pernikahan berdasarkan hukum agama kristen; untuk pengantin yang beragama Hindu juga mesti melangsungkan pernikahannya berdasarkan hukum agama Hindu.

Hal tersebut juga berlaku untuk pengantin beragama lainnya, baik tersebut Buddha, Katholik, dang Konghunchu, semuanya perlu mengikuti hukum agama masing-masing.

Tidak cuman perkawinan dinyatakan legal di mata hukum agama, perkawinan juga wajib dicatatkan di Kantor Urusan Agama atau KUA yang tersedia di tiap tiap kecamatan.

Pencatatan pernikahan di KUA terlampau vital supaya perkawinan yang dikerjakan legal secara agama dan negara. Kecuali bukan dicatatkan di Kua, maka pernikahan tersebut diakui bukan legal menurut negara atau didalam istilah lain disebut bersama dengan siri.

Jikalau pernikahan bukan dicatatkan di Kua, dikhawatirkan akan tersedia rintangan tentang hal administrasi keturunannya. Misalnya, berkaitan hak waris, pembagian harta gono-gini dan lain-lain.

Lebih-lebih, layaknya dikutip berasal dari laman Kementerian Agama Kabupati Pati, akad nikah atau prosesi pernikahan berdasarkan hukum agama bisa ditunaikan di beraneka daerah, mulai di di Kua, tempat tinggal calon mempelai perempuan, masjid dan lain-lain.

Tetapi, didalam proses tersebut tersedia sejumlah syarat yang wajib dipenuhi oleh kedua mempelai.

Syarat Nikah di Kua

seperti yang udah dibahas sebelumnya, pernikahan diakui legal terkecuali dilangsungkan berdasarkan hukum agama calon pengantin. Tak hanya tersebut, pernikahan juga mesti tercatat di forum formal negara, di dalam hal ini adalah Kua.

Oleh sebab tersebut, tersedia sejumlah syarat nikah di KUA secara administratif yang wajib dipenuhi.

Adapun dokumen yang jadi syarat nikah di KUA antara lain adalah sebagai berikut:

1. Foto copy KTP dan KK calon pengantin
2. Foto copy akta kelahiran/ surat keterangan kelahiran berasal dari desa calon pengantin
4. Surat Pengantar Nikah atau N1 (Didapat berasal dari Kelurahan/Desa)
5. Surat Persetujuan Mempelai atau N4
6. Surat Izin Orang Tua atau N5 (Jikalau calon pengantin umurnya di bawah 21 year)
7. Akta Cerai (Kalau calon pengantin cerai hidup)
8. Surat Izin Komandan (Terkecuali calon pengantin TNI atau Polri)
9. Surat Akta Kematian (Kalau calon pengantin duda/janda ditinggal mati)
10. Izin/Pengecualian berasal dari Pengadilan Agama apabila:
– Calon pengantin Tidak cukup berasal dari 19 Th
– Izin Poligami
11. Izin berasal dari Kedutaan Besar untuk WNA
12. Surat Rekomendasi Nikah berasal dari KUA Kecamatan (Kalau nikah dilangsungkan di luar wilayah area tinggal calon pengantin)
13. Selagi foto ukuran 2×3 sebanyak 5 lembar
14. Kala foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
15. Kedua calon mempelai juga mesti punya surat keterangan sehat berasal dari puskesmas atau tempat tinggal sakit yang tunjukkan bebas berasal dari penyakit Hiv/Aids dan sudah meniti imunisasi tetanus, dan juga pernyataan kesegaran lain sebagainya.

Langkah Mengurus Pernikahan di Kua

Syarat Nikah di KUA, Ketahui Dokumen yang Perlu Disiapkan dan Prosedurnya

setelah mempersiapkan sejumlah dokumen yang jadi syarat nikah. Termin pada akhirnya adalah mendaftarkan di Kua. Adapun langkah-langkah untuk mendaftar di KUA yakni sebagai berikut:

1. Mengurus surat pengantar nikah di Rt/Rw untuk dibawa ke kelurahan.
2. Mengurus surat pengantar nikah di kantor kelurahan untuk dibawa ke KUA
3. Terkecuali pernikahan dijalankan tidak cukup berasal dari 10 hari berasal dari pas pendaftaran, calon mempelai perlu minta keterangan pengecualian berasal dari kecamatan
4. Jikalau dikerjakan di luar domisili mempelai wanita, wajib mengurus surat pengantar rekomendasi nikah di KUA kecamatan setempat untuk dibawa ke KUA area akan dilangsungkan akad nikah
5. Mendaftarkan diri di Kua. Kecuali akad nikah dilangsungkan di KUA maka pernikahan bukan dipungut biaya alias perdeo. Tetapi kecuali akan nikah dijalankan di luar Kua, atau terus di KUA tapi di luar jam kerja, maka mesti membayar Rp600.000,- (Enam ratus ribu rupiah).
6. Memeriksa information nikah calon pengantin dan wali nikah di KUA daerah akad nikah.
7. Aplikasi akad nikah dan penyerahan buku nikah.

Demikian adalah sejumlah syarat nikah di Kua, meliputi sejumlah dokumen sebagai persyaratan administratif, dan juga mekanisme untuk mendaftarkan pernikahan di Kua.

Berasal dari klarifikasi itu, mampu dipahami bahwa melangsungkan pernikahan atau perkawinan sebenarnya memadai ringan, dan yang terpenting adalah murah apalagi perdeo.

Oleh dikarenakan tersebut, bagi pasangan yang udah siap lahir batin untuk menikah, dianjurkan untuk langsung melangsungkan pernikahannya disesuaikan bersama dengan hukum agama yang dianut masing-masing.

About Fernando Helzinski

Check Also

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya

tutorialonline.my.id - Cara Log Out Gmail di HP dengan Cepat dan Anti Ribet, Perhatikan Tahapannya. Cara log out Gmail di HP vital untuk diketahui. Pasalnya log out Gmail di HP lebih rumit ketimbang log out bersama dengan memakai komputer atau laptop, untuk tersebut tak terhitung orang yang masih bingung. Cara log out Gmail di HP [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *